5 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah

Image result for cashback

Jakarta - Kalian pasti sering mendengar banyak kisah sukses dari orang-orang yang berhasil mendapatkan uang jutaan hingga milyaran rupiah dari YouTube. Tidak hanya memiliki subscriber hingga jutaan, orang-orang seperti PewDiePie atau Casey Neistat bisa menerima pendapatan yang tidak sedikit dari iklan yang mejeng di video YouTube mereka.

Cara mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan monetisasi. Artinya, kalian mengizinkan YouTube untuk menaruh iklan di video kalian.

Tapi, mendapatkan uang dari YouTube tidak hanya bisa lewat monetisasi. Ada beberapa cara lainnya yang bisa menghasilkan lebih banyak pundi-pundi uang dengan bergabung di YouTube Partner Program (YPP).

Apa itu YPP dan berapa subscriber yang dibutuhkan agar bisa bergabung? Berikut cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mudah bagi pemula maupun YouTuber handal yang dirangkum.

1. Bergabung di YPP

YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan kreator untuk memonetisasi konten di YouTube. Tapi, tidak semua channel bisa bergabung dengan program ini.

Untuk bergabung dengan YPP, kanal kalian harus ditonton selama 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber. Ketentuan ini memungkinkan YouTube untuk mengevaluasi kanal yang mendaftar.

Selain ketentuan di atas, kalian juga harus memastikan hanya memiliki satu akun Google AdSense. Daftarkan akun AdSense kalian saat mendaftarkan kanal di YPP.

2. Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Iklan

Setelah terdaftar dengan YPP kalian akan mendapatkan lebih banyak tool yang bermanfaat untuk kreator. Tidak hanya itu, kalian tentu saja sudah bisa memasang iklan dan mendapatkan uang dari YouTube.

Agar video kalian bisa dipasangi iklan, pastikan jika video tersebut menuruti ketentuan YouTube tentang konten ramah pengiklan. Jika video kalian mengandung topik yang sensitif, lebih baik matikan monetisasi di video tersebut agar tidak dicekal dari YPP.

Cara mengaktifkan iklan di video YouTube adalah login ke YouTube dan masuk ke studio.youtube.com. Di menu sebelah kiri klik Videos. Pilih satu video dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Pilih jenis iklan yang ingin kalian tampilkan lalu klik Save.

3. Keanggotaan Channel

Keanggotaan channel bisa dibilang seperti grup penggemar untuk channel YouTube kalian. Pengikut setia kalian bisa membayar biaya keanggotaan bulanan dan sebagai gantinya mereka akan menerima konten khusus dari kalian.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber. Cara mengaktifkannya login ke akun Google kalian, pilih tab Memberships, klik Get Started dan ikuti petunjuk di layar.

Image result for promo natal

4. Rak Merchandise

Rak merchandise memungkinkan kalian menjual pernak-pernik resmi yang terkait dengan brand dan kanal kalian. Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang dari YouTube kalian harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Untuk mengaktifkan fitur ini, login ke YouTube Studio. Di menu sebelah kiri klik Monetization dan klik tab Merchandise. Kalian hanya akan melihat opsi ini jika channel kalian eligible. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

5. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers adalah cara kalian untuk berinteraksi dengan subscriber dan penggemar lewat live chat. Agar kalian bisa mendapatkan uang, penggemar kalian bisa membayar agar pesan yang mereka kirim bisa disorot di live chat.

Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang, login ke YouTube Studio dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Di menu sisi atas yang ada di dashboard utama, klik Live Chat lalu Get Started. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

6. YouTube Premium

Cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya adalah dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue. YouTube memang memiliki opsi berlangganan yang disebut Premium.

Jika seorang pengguna YouTube Premium menonton video yang kalian unggah, nantinya kalian akan mendapatkan porsi dari biaya berlangganan yang dibayarkan pengguna tersebut.

Kalian tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengaktifkan fitur ini. Tapi selalu pastikan konten kalian mengikuti panduan komunitas YouTube agar bisa mendapatkan uang dari YouTube Premium.
Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes